5 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Domba Qurban

Pada saat memasuki Idul Adha, salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh umat muslim adalah melaksanakan Sholat Ied dan pemotongan hewan qurban. Dalam memilih hewan qurban ada baiknya kita memerhatikan berbagai kriteria agar hewan yang kita beli dapat memenuhi syarat sebagai hewan qurban. Berikut lima hal yang harus diperhatikan sebelum kita membeli domba qurban.

  1. Sehat

Kita bisa melihat dari bagian luar domba tersebut. Domba tersebut harus terlihat normal dan tidak memiliki cacat di bagian tubuhnya. Selain itu, kita juga perlu untuk melihat bagian lubang alami nya seperti bagian dubur, lubang kemaluan, telinga, dan hidung. Jika pada bagian tersebut terlihat ada yang tidak normal, bisa saja domba tersebut sedang dalam keadaan tidak sehat. Kemudian kita juga harus melihat cara domba tersebut berdiri dan berjalan. Apabila domba tersebut berjalan dengan tidak normal, maka bisa jadi domba tersebut sedang dalam kondisi sakit atau mengalami kecacatan. Periksa juga bagian mata domba tersebut, apakah domba tersebut mengalami kebutaan atau tidak. Bagian kuku domba haruslah tidak terlalu panjang dan di sisi kanan dan kiri nya tidak tipis. Agar lebih pasti, ada baiknya hewan tersebut juga sudah diperiksa oleh dokter hewan dari dinas setempat dan sudah ada Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH).

  1. Tidak Dalam Kondisi Cacat

Pastikan bagian luar domba tersebut terlihat normal. Kita bisa melihat dari bagian telinganya, apakah telinga domba tersebut robek atau ada hal yang tidak normal lainnya. Kemudian liatlah buah zakar domba tersebut, pastikan berjumlah dua dan terlihat simetris. Tanduk domba juga tidak boleh rusak ataupun patah.

  1. Umur

Domba yang akan diqurban harus memiliki umur yang cukup, yaitu 1 tahun. Hal ini bisa dilihat dari catatan peternak hewan tersebut.

  1. Tidak Kurus

Kita bisa langsung melihat ke badan domba tersebut terutama di bagian tulang rusuk dan pinggul. Apabila hewan tersebut kurus, maka tulang rusuk dan tulang yang ada di pinggulnya akan sangat mudah untuk diraba. Apabila hewan tersebut gemuk, maka tulang di bagian tubuh domba tersebut akan sulit untuk diraba karena ditutupi oleh daging yang banyak.

  1. Diutamakan Jenis Kelamin Jantan

Hewan qurban lebih diutamakan yang berjenis kelamin jantan dan yang belum dikebiri. Karena, pada umumnya jantan memiliki ukuran yang lebih besar dan sebagai muslim kita diperintahkan untuk berqurban dengan hewan terbaik yang kita miliki. Akan tetapi, jika ada hewan betina yang tidak produktif maka hewan tersebut juga boleh untuk digunakan sebagai hewan qurban. [dr]

sumber: Gema Tani

 58 kunjungan,  2 hari ini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *